Mengapa makanan ultra-olahan bisa menjadi perang baru terhadap tembakau

Makanan ultra-olahan sering kali mengandung tambahan gula dan perasa buatan, mirip dengan bagaimana rokok dikembangkan. Shana Novak/Digital Vision/Getty Images hide caption toggle caption Shana Novak/Digital Vision/Getty Images Perusahaan-perusahaan tembakau menghabiskan waktu puluhan tahun untuk mengasah strategi pemasaran, rekayasa rasa, dan teknologi pemrosesan yang membantu konsumen kecanduan rokok. Kemudian, pada tahun 1980an, mereka mulai membeli perusahaan makanan besar dan menerapkan strategi yang sama untuk menjual lebih banyak makanan ultra-olahan. Demikian kata Laura Schmidt, profesor dan peneliti di Universitas California, San Francisco, yang telah mempelajari arsip lama perusahaan tembakau. Dia adalah salah satu dari lusinan peneliti yang berkontribusi pada serangkaian makalah baru yang diterbitkan pada 3 Juni di bagian khusus American Journal of Public Health. Secara keseluruhan, banyak dari mereka yang menyatakan bahwa perjuangan untuk mengekang konsumsi makanan ultra-olahan yang berlebihan harus menjadi perang baru terhadap tembakau. Para peneliti mengatakan makanan-makanan ini – seperti keripik asin, soda manis, dan makanan kemasan – yang kini mendominasi pola makan orang Amerika, telah menjadi penyebab utama buruknya kesehatan, dan sekaranglah waktunya untuk bertindak. Penelitian baru ini “menambah semakin banyak bukti bahwa produk-produk (makanan) dikaitkan dengan penyakit kronis, memiliki karakteristik adiktif, dan bahwa produk-produk tersebut juga sengaja dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan tembakau dan makanan,” kata Nicholas Chartres, associate editor jurnal tersebut dan salah satu penulis makalah baru tersebut. Dia dan peneliti lain mengatakan strategi kesehatan masyarakat yang dipertajam selama perang terhadap tembakau dapat membantu orang Amerika mengurangi makanan tersebut. Bagaimana ilmu pengetahuan tentang rokok membantu membentuk pangan ultra-olahan Pada tahun 1980-an, raksasa tembakau mulai melakukan ekspansi secara agresif ke bidang pangan manufaktur, dengan membeli beberapa perusahaan pangan terbesar. Misalnya, Philip Morris dulunya memiliki Kraft General Foods dan RJ Reynolds memiliki Nabisco. Ini adalah era ketika produksi pangan ultra-olahan benar-benar meningkat di Amerika, kata Schmidt. Dia mengatakan perusahaan-perusahaan tembakau telah menghabiskan waktu puluhan tahun untuk melakukan penelitian tentang cara membuat rokok lebih nikmat dan membuat ketagihan dengan bahan tambahan kimia. Dan dia mengatakan catatan internal perusahaan menunjukkan bahwa mereka sengaja menerapkan pengetahuan ini pada produksi makanan. Ingin cerita terbaru tentang ilmu hidup sehat? Berlangganan buletin Kesehatan NPR. “Teknologi yang digunakan untuk mencari cara mengoptimalkan sifat adiktif nikotin dengan menggunakan tambahan gula dan perasa buatan – teknologi inti tersebut ditransfer dari industri tembakau ke pengembangan makanan ultra-olahan,” kata Schmidt. Dia mengatakan jenis bahan tambahan ini kini telah menjadi salah satu ciri khas yang membuat makanan menjadi ultra-olahan. Studinya mengamati perkembangan Lunchables, dan bagaimana Philip Morris menerapkan teknologi rasa yang sama yang digunakan untuk membuat rokok rendah nikotin lebih enak dibandingkan membuat keju rendah lemak dan daging olahan. Bisnis rokok juga menginformasikan strategi pemasaran untuk makanan ultra-olahan, kata para peneliti. Misalnya saja konsep permen berukuran king size dan makanan ringan kemasan lainnya. Istilah “king size” sebenarnya berasal dari cara memasarkan rokok yang lebih panjang. Bagi konsumen yang mengkhawatirkan kesehatan, perusahaan tembakau biasa menjual apa yang disebut rokok ringan. “Mereka menerapkan strategi yang sama untuk mengembangkan produk makanan ringan dan hemat dengan tujuan mempertahankan pelanggan yang mungkin berhenti mengonsumsi beberapa produk mereka, seperti keju dan produk lain yang dikhawatirkan pelanggan karena membahayakan kesehatan,” kata Tera Fazzino, seorang profesor di departemen psikologi di Universitas Kansas. Penelitian Fazzino sebelumnya menemukan bahwa pada periode ketika raksasa tembakau memiliki perusahaan makanan besar – dari tahun 1980an hingga pertengahan tahun 2000an – mereka memenuhi pasar dengan makanan ultra-olahan yang cenderung diklasifikasikan sebagai makanan yang sangat enak. Pada dasarnya, ini adalah makanan yang mengandung kombinasi tinggi lemak, gula, natrium, dan karbohidrat yang mengaktifkan sistem penghargaan otak kita sehingga membuat kita sulit berhenti makan. Schmidt menemukan kutipan dari mantan CEO Philip Morris yang mengatakan bahwa makanan ultra-olahan dan rokok adalah bisnis yang sangat mirip. Dia mengatakan keduanya merupakan barang kemasan konsumen berbiaya rendah dengan pasar yang besar. Perusahaan tembakau Reynolds dan Altria, yang mengoperasikan Philip Morris, tidak menanggapi permintaan komentar NPR hingga berita ini diterbitkan. Natalie Rubino, direktur hubungan media di Consumer Brands Association, yang mewakili perusahaan makanan dan minuman kemasan, menekankan keamanan mereknya. “Seiring dengan semakin banyaknya konsumen yang mencari beragam pilihan makanan dan minuman, para pembuat merek-merek rumah tangga tepercaya di Amerika menyediakan berbagai macam produk yang terjangkau untuk dipilih, serta akses terhadap informasi yang dibutuhkan konsumen untuk membuat pilihan yang tepat. Perusahaan mematuhi standar keamanan dan kebijakan nutrisi berbasis bukti yang ketat yang ditetapkan oleh FDA untuk menghasilkan produk yang aman, terjangkau, dan nyaman yang diandalkan konsumen setiap hari,” katanya melalui email. Menambah isi penelitian Makalah baru ini juga mengkaji dampak kesehatan dan lingkungan dari industri makanan ultra-olahan. Sudah ada banyak penelitian yang menghubungkan konsumsi berlebihan makanan ultra-olahan dengan sejumlah dampak kesehatan yang buruk – mulai dari obesitas, diabetes, hingga semua penyebab kematian. Beberapa makalah di bagian khusus menambah bukti ini. Misalnya, sebuah penelitian yang mengamati lebih dari 5.000 lansia Amerika selama 10 tahun menemukan kemungkinan hubungan antara konsumsi makanan ultra-olahan yang lebih tinggi dan peningkatan risiko gangguan kognitif dan demensia. Dan makanan ultra-olahan berdampak buruk tidak hanya pada tubuh tetapi juga lingkungan, menurut sebuah editorial di bagian tersebut. Penelitian sebelumnya telah mengidentifikasi perusahaan makanan ultra-olahan seperti Coca-Cola, Pepsi, dan Danone sebagai salah satu dari 5 pencemar plastik teratas secara global. Pernyataan Asosiasi Merek Konsumen tidak menjawab permintaan komentar NPR mengenai dampak lingkungan. Sebuah ambang batas untuk perubahan? Edisi baru ini mencakup survei terhadap kelompok 2.000 orang dewasa yang mewakili secara nasional. Ditemukan bahwa, di seluruh partai, mayoritas masyarakat yang memberikan tanggapan mengatakan mereka ingin pemerintah mengatur makanan ultra-olahan. “Rasanya kita telah mencapai titik kritis antara kekuatan ilmu pengetahuan, dukungan publik, dan juga kemauan politik,” kata Lindsey Smith Taillie, profesor nutrisi di University of North Carolina dan salah satu penulis makalah tersebut. “Dan ketiga faktor tersebut, menurut saya, menunjukkan bahwa kita mungkin sudah mulai melihat tindakan kebijakan nyata mengenai topik ini seperti yang kita lakukan pada tembakau.” Industri makanan merupakan industri yang sangat berpengaruh, dan banyak pakar kebijakan mengatakan bahwa kita kemungkinan besar akan melihat perubahan di tingkat negara bagian terlebih dahulu. Misalnya, beberapa negara bagian telah mengeluarkan pembatasan atau larangan penggunaan pewarna sintetis pada makanan. Litigasi juga bisa menjadi strategi penting melawan industri makanan ultra-olahan, kata Jennifer Pomeranz, pakar kebijakan dan hukum pangan di New York University, dalam sebuah editorial. Dengan kata lain, jaksa agung negara bagian dapat mengajukan gugatan terhadap perusahaan makanan dengan tuduhan merugikan kesehatan masyarakat, tidak seperti tuntutan hukum yang diajukan terhadap perusahaan tembakau pada tahun 1990an. Dia dan peneliti lain mengatakan sekarang adalah waktu yang tepat untuk bertindak, karena gerakan Make America Healthy Again telah menjadi sangat berpengaruh dan para pendukungnya sangat vokal dalam menyerukan penghapusan bahan tambahan buatan dari pasokan makanan. “Terakhir kali terjadi pergolakan universal mengenai keamanan pasokan makanan kita adalah Undang-Undang Makanan dan Obat-obatan tahun 1906,” kata Pomeranz.


Diterbitkan : 2026-06-09 17:02:00

sumber : www.npr.org