Risiko Kesehatan Alkohol Meningkat Setelah Satu Minum Sehari, Studi Menemukan

Sebuah penelitian alkohol pemerintah yang diterbitkan pada hari Selasa menyimpulkan bahwa risiko kesehatan akibat alkohol dimulai dari satu gelas minuman sehari. Laporan tersebut menjadi kontroversi setelah memicu kemarahan industri alkohol. Dengan meminum satu gelas sehari, para peneliti menemukan, terdapat peningkatan risiko kematian dini akibat penyakit atau cedera yang secara langsung disebabkan oleh alkohol, meskipun risikonya kecil, yaitu satu dalam 1.000 orang. Namun risiko kematian dini melonjak menjadi satu dalam 25 bagi mereka yang minum dua gelas sehari, tingkat yang sudah lama dianggap aman bagi pria, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Studies on Alcohol and Drugs. Studi Asupan Alkohol dan Kesehatan adalah satu dari dua laporan yang dibuat pada masa pemerintahan Biden untuk menginformasikan pembaruan pedoman diet AS. Laporan kedua, dari panel yang ditunjuk oleh National Academies of Sciences, Engineering and Medicine, atau NASEM, menghasilkan kesimpulan yang sangat berbeda. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa minum dalam jumlah sedang (hingga dua gelas sehari untuk pria dan satu untuk wanita) lebih sehat daripada tidak minum sama sekali, meskipun disebutkan bahwa minum dalam jumlah sedang juga dikaitkan dengan risiko kanker payudara yang lebih tinggi. Beberapa panelis di belakang laporan tersebut memiliki hubungan keuangan dengan industri alkohol. Temuan laporan kedua lebih cocok untuk industri alkohol, yang menyebut Studi Asupan Alkohol dan Kesehatan didorong oleh ideologi dan cacat secara ilmiah, dan mengatakan bahwa mereka telah mengomunikasikan kekhawatiran mereka berulang kali kepada pejabat pemerintah selama beberapa tahun. Ketika pemerintahan Trump akhirnya mengeluarkan pedoman diet baru pada bulan Januari, mereka menyarankan orang Amerika untuk minum lebih sedikit demi kesehatan yang lebih baik tetapi mengabaikan rekomendasi batasan harian, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. “Pedoman diet baru mengatakan bahwa mengonsumsi lebih sedikit lebih baik untuk kesehatan Anda, tapi jangan katakan apa artinya mengonsumsi lebih sedikit,” kata Priscilla Martinez-Matyszczyk, salah satu penulis makalah baru dan wakil direktur ilmiah kelompok penelitian alkohol di lembaga nirlaba Public Health Institute. “Makalah ini menyatakan demikian, dan dikatakan bahwa minum tidak lebih dari satu gelas sehari adalah yang terbaik bagi kesehatan, dan meminum lebih dari itu memiliki risiko yang signifikan.” Minuman standar didefinisikan sebagai 12 ons cairan bir biasa, 5 ons anggur, atau 1,5 ons minuman beralkohol sulingan. Dalam editorial yang menyertai makalah baru tersebut, Robert M. Vincent, mantan pejabat pemerintah yang menugaskan penelitian ini, mengatakan bahwa dia yakin dia dipecat karena laporan tersebut menghasilkan bukti yang “bertentangan dengan kepentingan komersial.” Bapak Vincent kehilangan pekerjaannya sebagai administrator asosiasi untuk kebijakan pencegahan dan pengobatan alkohol di Administrasi Layanan Penyalahgunaan Zat dan Kesehatan Mental selama pengurangan kebijakan tahun lalu. “Hal ini akan merugikan industri alkohol,” kata Bapak Vincent. “Mereka tidak suka pergi berdua ke satu untuk laki-laki, dan mereka tidak suka menyebutkan kanker.” Juru bicara Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan tidak menanggapi permintaan komentar tentang pernyataan Mr. Vincent. Studi baru, yang hanya mengandalkan data kesehatan AS, menilai hubungan antara rata-rata konsumsi alkohol dan risiko penyakit atau kematian akibat penyebab yang secara langsung dikaitkan dengan kebiasaan minum alkohol. Wanita yang minum satu gelas sehari lebih mungkin meninggal karena kanker hati atau kanker payudara dibandingkan wanita yang tidak minum. Dan dengan meminum satu gelas minuman sehari, baik pria maupun wanita mempunyai peningkatan risiko kematian akibat sirosis hati, kanker mulut dan esofagus, serta cedera, demikian temuan makalah tersebut. Risikonya terus meningkat seiring dengan tingginya tingkat konsumsi. Mengonsumsi lebih dari satu gelas minuman setiap kali dikaitkan dengan risiko kanker payudara, penyakit kardiovaskular, dan cedera yang semakin tinggi. Laporan tersebut menemukan bahwa satu gelas sehari dikaitkan dengan rendahnya risiko diabetes bagi perempuan dan rendahnya risiko stroke bagi pria dan wanita. Namun, meminum alkohol secara berlebihan dapat menghilangkan efek perlindungan terhadap stroke. Salah satu alasan penelitian ini mencapai kesimpulan yang berbeda adalah bahwa meskipun penelitian baru ini meneliti kematian akibat penyebab yang secara langsung disebabkan oleh alkohol, laporan NASEM yang ditugaskan oleh Kongres mengamati tingkat kematian keseluruhan dari peminum moderat, termasuk kematian yang tidak terkait dengan alkohol. Kritik terhadap laporan NASEM mengatakan bahwa orang yang minum alkohol dalam jumlah sedang sering kali memiliki kebiasaan gaya hidup sehat lainnya yang berkontribusi pada umur panjang mereka. Kelompok peminum sedang juga mencakup banyak orang yang mengonsumsi kurang dari dua gelas sehari. Kedua faktor ini dapat membuat dampak kesehatan dari minum alkohol dalam jumlah sedang tidak terlalu signifikan dibandingkan yang mungkin terjadi. Dr. Ned Calonge, ahli epidemiologi di Kampus Medis Universitas Colorado Anschutz yang memimpin studi NASEM, mengatakan bahwa dia tetap berpegang pada kesimpulan penelitian tersebut. “Penelitian tentang alkohol itu kompleks dan saya tidak terkejut dengan metode yang berbeda yang menghasilkan hasil yang berbeda,” kata Dr. Calonge, seraya menambahkan bahwa studi pemodelan seperti Studi Konsumsi Alkohol dan Kesehatan, yang menggunakan data untuk memperkirakan risiko penyakit dan kematian seumur hidup yang disebabkan oleh alkohol, juga memiliki potensi bias. Pada saat yang sama, dia menambahkan, “Saya tidak percaya siapa pun boleh mulai minum alkohol demi kesehatan. alasan.”


Diterbitkan : 2026-06-09 13:28:00

sumber : www.nytimes.com