7 Teknik Mudah Edit Video dari Handphone Agar Hasilnya Lebih Ciamik

7-teknik-edit-video-keren

Beritakitanih.com – Mengedit video dengan hasil yang bagus tidaklah mudah, apalagi jika dilakukan menggunakan handphone (HP). Butuh keahlian dan ketekunan saat menggarap video agar menghasilkan kualitas video yang keren dan ciamik. Nah, Beritakitanih.com punya beberapa tips gampang yang bisa kamu coba ketika ingin mengedit video melalui HP. Berikut kiat cara mengedit video dari HP bagi para pemula sesuai tahap editing:

1. Impor video

Sebelum memasuki proses editing, tahap utama yang harus dilakukan adalah mengimpor atau memindahkan video ke dalam aplikasi perangkat lunak yang ada di handphone. Aplikasi tersebut nantinya akan mengubah video dalam format tertentu, menyesuaikan dengan bentuk serta aplikasi yang kamu gunakan. Di beberapa aplikasi edit video, kamu bisa memilih format yang diinginkan seperti .mov, .mp4, dan lain-lain.

2. Sortir bagian yang tidak perlu

Setelah video yang ingin diedit telah diimpor, seleksi potongan video yang ingin kamu masukkan. Tahap ini biasa dikenal pula dengan sebutan tahap trimming. Memilah video dapat dengan mempertimbangkan momen yang ingin dipertontonkan, mempertimbangkan alur cerita dan efek yang kita harapkan dari audiens setelah menontonnya. Intinya gunakan potongan gambar video atau adegan yang perlu ditunjukkan. Hapus adegan tidak penting dengan mempertimbangkan durasi. Pertimbangan durasi penting agar  penonton tidak bosan saat menonton videomu.

3. Penggunaan efek

Penambahan efek pada video dapat digunakan untuk memberi kesan maksimal. Beberapa efek dapat membuat gambar lebih menarik dan hidup. Berbagai transisi yang dapat digunakan, misalnya mempertajam, mengaburkan, menambah teks dan lain sebagainya. Kreativitas sangat diperlukan saat memadu padankan efek dalam video. Namun sebebas apa pun kamu dalam memilih efek, pastikan menggunakan seperlunya atau tidak perlu berlebihan. Pertimbangkan kebutuhan dan jangan gunakan jika tidak perlu sebab jika terlalu banyak akan terkesan norak dan mengaburkan pesan yang ingin disampaikan dalam video. Penggunaan efek yang pas dapat membuat penonton nyaman saat menyaksikan.

4. Masukkan backsound sebagai pemanis

Video dapat lebih hidup dengan menambahkan musik sebagai latar video atau musik dekoratif. Jadi selain melihat gambar, penonton dapat menikmati instrumen yang mengiringi video. Namun perlu diingat, pemilihan musik harus sesuai dengan video yang ingin kamu tampilkan. Misalkan dalam video pernikahan, jangan gunakan instrumen humor karena dapat menghilangkan kesan sakral. Jika video terdapat dialog pastikan instumen atau back song tidak menutupi dialog. Dan jika lagu yang dipilih berlirik pastikan tidak berbenturan dengan dialog.

5. Ganti audio

Ganti audio di sini dimaksudkan agar memadukan dengan video yang telah dirangkai. Jadi biasanya pengambilan gambar perlu menggunakan zoom in penuh serta mem-blur latar untuk mempertajam objek. Hal tersebut dapat menghasilkan suara yang buruk atau bahkan tidak terekam. Karenanya videografer biasanya merekam dua kali dari jarak dekat untuk mendapat suara. Di sini saat mengedit video menggunakan potongan gambar jarak jauh dengan audio dari jarak dekat.

6. Atur audio dengan filter noise, dubbing dan normalize

Selain gambar, audio sangat mempengaruhi kualitas video. Pentingnya saat mengedit video untuk memperhatikan kualitas audio. Kamu dapat menggunakan beberapa filter pada aplikasi edit video. Pertama, ada filter noise untuk menghilangkan suara yang tidak diperlukan sebab  suara yang dihasilkan dari proses kompilasi pengeditan volumenya dinaikkan. Kedua, filter dubbing dapat digunakan jika audio pada rekaman jelek baik sulit didengar atau memiliki banyak suara. Dan yang ketiga, filter normalisasi audio / normalize agar menghasilkan suara yang seimbang antara back song dan dialog. Filter ini dapat membuat suara dalam video seimbang, tidak terlalu keras, dan tidak terlalu lambat.

7. Review kembali

Setelah proses importing, trimming, memilih efek & back song, serta memastikan kualitas audio telah aman, kamu perlu memastikan kembali hasil editan sebelum disimpan. Dengan menonton kembali videomu dari awal, kamu bisa menemukan kesalahan atau bagian yang mungkin terlewat. Jika sudah terlihat ciamik dan sesuai dengan keinginanmu, video yang kamu edit artinya sudah siap untuk disimpan dan dibagikan kepada para penonton!

Baca juga: Cara Download Video di Facebook Menggunakan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *