Inilah Pengertian dan Manfaat Teknologi Bagi Manusia

Secara etimologis, kata “teknologi” ini berasal dari bahasa Yunani, yakni “technologia”, dimana kata tech artinya keahlian sedangkan logia artinya pengetahuan.

Sehingga secara garis besarnya, pengertian dari teknologi itu adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keterampilan dalam menciptakan alat, ekstraksi benda, dan metode pengolahan, yang berguna untuk membantu menyelesaikan berbagai masalah dan aktivitas manusia sehari-hari.

Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa arti dari teknologi ini adalah semua sarana dan prasarana yang dibuat oleh manusia. Guna menyediakan berbagai barang yang sangat dibutuhkan bagi keberlangsungan serta kenyamanan hidup manusia itu sendiri.

Sedangkan menurut Iskandar Alisyahbana, teknologi ini memiliki arti suatu cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat.  Sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra, serta otak manusia.

Pada awalnya makna dari teknologi ini hanya terbatas pada benda-benda yang memiliki wujud saja, seperti peralatan dan mesin.

Akan tetapi kini makna teknologi bukan hanya terbatas pada benda yang berwujud saja, tetapi juga pada benda yang tidak berwujud, seperti software, ilmu pengetahuan, metode, dan lain sebagainya.

Sehingga arti dari teknologi adalah suatu cara, proses, alat, mesin, kegiatan maupun ide yang diciptakan guna mempermudah berbagai aktivitas manusia sehari-hari.

Baca juga: Cara Download Video di Facebook Menggunakan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi

Manfaat Teknologi Bagi Manusia

Teknologi-Masyarakat

Kegunaan teknologi ini banyak sekali manfaatnya bagi manusia, bahkan hampir meliputi seluruh aspek kehidupan manusia sehari-hari. Seperti transportasi, belanja, perbankan, dan lain sebagainya. Beriku ini beberapa manfaat teknologi bagi manusia:

  1. Kenyamanan: Dengan teknologi ini bisa mempermudah dalam melancarkan segala aktivitas manusia seperti transaksi pribadi serta bisnis.
  2. Kecepatan: Dengan teknologi ini anda bisa mengirim hadiah, melakukan pembayaran dengan cepat, dan lain sebagainya.
  3. Komunikasi: Dengan adanya teknologi, dunia ini merasa lebih kecil karena bisa berkomunikasi dengan semua orang. Baik itu keluarga, saudara, teman yang jaraknya sangat jauh, bahkan sampai ke luar negeri.
  4. Akurasi: Manfaat teknologi lainnnya adalah bisa mengurangi kesalahan manusia dalam melakukan tugasnya sehari-hari, selain itu juga bisa menghemat waktu dan biaya.
  5. Pembangunan: Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa teknologi ini telah membawa pembangunan di berbagai bidang. Seperti pendidikan, bisnis, pemerintahan, kedokteran, infrastruktur, dan lain sebagainya.

Itulah pengertian dan manfaat teknologi bagi manusia, semoga artikel ini ada guna dan manfaatnya bagi anda semua. Kunjungi terus Beritakitanih.com untuk update berbagai informasi menarik, berita terkini dan berita terbaru lainnya.

Baca juga: Aplikasi Desain Baju Android & PC

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *