6 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Beritakitanih.com – Buah naga adalah salah satu dari sekian banyak buah yang disarankan untuk ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan buah naga ini menawarkan banyak manfaat untuk ibu hamil.

Lalu apa saja manfaat buah naga untuk ibu hamil? Saat seorang wanita mengandung, maka dirinya tidak hanya bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan dirinya sendiri, karena ada juga janin yang harus diperhatikan kesehatannya.

Oleh karena itu sangat penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi banyak buah dan sayur selama masa kehamilannya. Karena dari kedua sumber makanan inilah, tubuh ibu hamil dapat memperoleh banyak asupan vitamin dan mineral penting.

Buah naga tidak hanya mengandung vitamin C yang tinggi saja tetapi juga mengandung nutrisi lainnya seperti karbohidrat, serat, protein, lemak, dan juga berbagai macam vitamin dan mineral seperti B1, B2, B3, zat besi, fosfor, dan kalsium.

Dan bahkan pada bagian bijinya yang berwarna hitam berukuran kecil juga menjadi sarana nutrisi jenis asam omega-3 dan omega-6.

Berikut dibawah ini manfaat buah naga untuk ibu hamil diantaranya yaitu:

1. Merangsang Pembentukan Sel Darah Merah

Dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur maka akan dapat membantu ibu hamil terhindar dari kekurangan darah atau anemia.

Karena kandungan zat besi dan vitamin C didalam buah naga bisa meningkatkan kadar hemoglobin. Zat besi adalah bahan dasar sel darah merah, sedangkan vitamin C dapat membantu mengoptimalkan penyerapan zat besi melalui saluran pencernaan.

Manfaat penting lainnya dari Vitamin C ini adalah bisa meregulasi kolagen dan juga mencegah masalah gusi dan sendi.

2. Menangkal Radikal Bebas

Buah naga mengandung antioksidan dalam bentuk Vitamin C yang sangat penting bagi ibu hamil untuk menangkal radikal bebas.

Seperti yang telah diketahui jika radikal bebas adalah salah satu penyebab munculnya penyakit berbahaya seperti kanker atau jantung.

Tetapi tidak hanya itu saja, karena terjadinya kerusakan akibat radikal bebas ini juga bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan juga tumbuh kembang janin didalam kandungannya.

3. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C pada buah naga tidak hanya dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas saja, tetapi juga penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Saat hamil pastinya seorang ibu harus selalu mengupayakan dirinya supaya bisa tetap sehat dan kuat. Vitamin C juga bisa membantu ibu hamil supaya tetap sehat dan kuat selama kehamilannya.

Baca juga: 10 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

4. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Kandungan asam folat didalam buah naga dapat membantu ibu hamil untuk bisa melahirkan bayi yang sehat dan normal. Sehingga dengan mengkonsumsi buah naga ini maka akan terhindarnya resiko bayi terlahir cacat.

5. Merangsang Pembentukan Tulang

Seperti yang telah diketahui juga didalam buah naga terkandung kalsium dan fosfor. Dimana kedua nutrisi tersebut diperlukan untuk membangun, membentuk, dan juga menguatkan tulang ataupun gigi, terlebih bagi calon buah hati yang belum lahir.

6. Mencegah Konstipasi Dan Wasir

Salah satu permasalahan yang paling sering dialami ibu hamil adalah susah buang air besar. Tetapi ibu hamil bisa menghindari permasalahan tersebut jika mengkonsumsi buah naga yang kaya akan serat.

Selain itu masih ada manfaat buah naga untuk ibu hamil lainnya seperti mencegah infeks, mencegah kanker, mendongkrak energy, sumber lemak sehat, mencegah diabetes, membantu kotraksi otot, dan beberapa manfaat lainnya.

Baca juga: Bagaimana Sih Cara Membuat Masker Wajah Alami? Yuk, Kita Cari Tahu

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *