Ini Dia Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Game Online

Ini Dia Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Game Online – Game online yang merupakan salah satu pilihan tepat yang dilakukan seseorang sebagai selingan untuk menghilangkan kepenatan. Merupakan sesuatu hal yang buruk jika kita kecanduan game online ini, kita akan kehilangan banyak waktu dan juga uang. Karena waktu dan uang yang dikeluarkan tersebut bisa digunakan untuk melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat.

Ternyata yang kecanduan game online ini tidak hanya orang dewasa, karena menurut sebuah penelitian menunjukkan jika 9 % anak-anak di dunia dikategorikan pecandu game online. Hal ini membuat para orangtua merasa khawatir karena akan memberikan dampak buruk bagi anak seperti prestasi anak menurun, malas sekolah, tidak konsentrasi saat belajar, atau dampak buruk lainnya. Bagi orang tua, sudah tugasnya untuk membuat si kecil untuk menyukai membaca, baik dengan berbagai dongeng, sains, dan lainnya.

Tetapi para orangtua ini tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan tips agar anak tidak kecanduan main game online diantaranya yaitu :

  • Memahami Apa Yang Dibutuhkan Oleh Anak

Setiap anak mempunyai kebutuhan baik itu secara materi ataupun psikis, dan anak pastinya ingin jika kebutuhannya itu untuk dipenuhi. Oleh karena itu, sebaiknya orangtua memahami apa yang dibutuhkan oleh anaknya. Jika kebutuhan anak tidak terlalu penting sebaiknya tidak perlu dipenuhi, tetapi jika itu penting maka segerelah dipenuhi. Dengan melakukan cara ini maka nantinya akan tidak akan manja.

Yang perlu orangtua ketahui adalah anak memiliki sifat manja maka cenderung akan membawa pada kesenangan yang akan berubah menjadi kecanduan. Jadi, memahami kebutuhan anak itu penting sehingga anak akan mengetahui mana yang baik atau tidak baik.

  • Mengalihkan Perhatian Anak Ke Aktivitas Lainnya

Agar anak berhenti bermain game online, sebaiknya orangtua mengalihkan perhatiannya untuk melakukan aktivitas lainnya yang lebih bermanfaat. Misalnya dengan mengikutsertakan anak untuk mengikuti program les, ekskul di sekolah, atau juga dengan mengikutisertakan program pengembangan bakat.

  • Dengan Mengajak Anak Liburan

Sebagai orangtua yang bijak maka jangan hanya mementingkan diri sendiri untuk memikirkan pekerjaan saja, sebaiknya ajaklah anak untuk melakukan liburan bersama misalnya dengan mengajak anak ke pantai, taman, berenang, atau tempat yang lainnya. Dengan melakukan cara ini maka secara otomatis anak sudah dijauhkan dari game online dan anak sudah diperkenalkan dengan dunia luar.

Itulah tips agar anak tidak kecanduan main game oline. Dengan melakukan ketiga cara diatas maka dapat dipastikan anak tidak akan mempunyai waktu luang untuk bermain game online, sehingga lambat laun anak akan terbiasa jauh dari game online.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *