7 Cara Mendidik Anak Secara Islami

BeritaKitaNih.com – Setiap orangtua tentunya menginginkan yang terbaik bagi anaknya. Dimana, mereka menginginkan supaya anaknya itu menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Memang untuk mendidik anak menjadi sholeh-sholehah itu tidaklah mudah, apalagi di zaman sekarang ini banyak sekali hal-hal negatif yang bisa mempengarui kepribadian anak. Salah satu cara untuk melindungi anak dari pengaruh-pengaruh negatif itu adalah dengan menanamkan ajaran agama kepadanya sejak dini. 

Khususnya bagi penganut agama Islam, menanamkan nilai-nilai keagamaan yang sesuai dengan syariat Islam merupakan keinginan dari sebagian besar orang tua. Sehingga sang anak nantinya memiliki kemampuan membedakan mana sesuatu yang baik dan yang tidak baik, atau bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Untuk mengetahui apa saja yang bisa dilakukan dalam mendidik anak sesuai syariat agama Islam, mari kita simak 7 cara mendidik anak secara Islami di bawah ini.

1. Orang tua harus menjadi suri tauladan yang baik

Ketika orang tua menginginkan anaknya menjadi sholeh, maka orang tua ini harus mempunyai sikap yang sholeh juga. Karena seorang anak sifatnya menurun dari apa yang sering ia lihat. Sebagai contoh, jika orang tua sering sholat maka sang anak pun akan mengikutinya. Namun apabila kita sebagai orang tua jarang memperlihatkan perilaku yang taat agama, alhasil anak pun akan jauh dari harapan karakter yang sholeh/sholehah.

2. Memberikan pendidikan yang islami sejak dini

Cara mendidik anak secara islami yang kedua adalah dengan menciptakan suasana islami melalui pendidikan untuk sang buah hati. Seorang anak tidak akan tahu bagaiman dirinya bisa menjadi anak yang sholeh, ketika orang tuanya tidak pernah mengajarkannya. Oleh karena itu, berikan ia pengetahuan dan pengertian tentang dasar-dasar agama Islam serta alasan mengapa kita harus taat kepada perintah Allah SWT.

3. Mengajaknya ke pergaulan yang islami

Melahirkan karakter yang sholeh/sholehah juga bisa diciptakan orang tua dengan mengajak anaknya ke sebuah pergaulan yang islami. Ketika anaknya ini mengenal pergaulan yang islami, maka anak ini akan mengetahui perilaku orang-orang yang sholeh. Sehingga ia pun akan mencontoh hal-hal baik yang terdapat pada pergaulannya.

4. Mendidik anak agar selalu membawa peralatan sholat

Setelah memberi pengertian tentang pentingnya sholat, hal kedua yang harus dibiasakan adalah mengingatkan sang anak untuk selalu membawa peralatan sholat kemanapun ia akan pergi. Dengan begitu sang anak akan mengingat selalu kewajibannya untuk melaksanakan sholat lima waktu dan tidak lupa akan waktu.

5. Memberikan kasih sayang

Cara mendidi anak secara islami yang kelima adalah dengan memberikan kasih sayang. Aqra’ bin Habis, pemuka Bani Tamim pernah mengatakan, “Demi nAllah, aku mempunyai 10 orang anak, tetapi tidak satu pun ku ciumi diantara mereka.” Lalu Nabi Muhammad SAW pun memandangnya dan berkata, “Barang siapa yang tidak mengasihi, ia tidak akan dikasihi.

Maka dari itu, agar anak Anda melihat Anda sebagai sosok orang tua yang hangat dan patut untuk dicontoh, dekatkanlah diri Anda kepada mereka dan jangan malu untuk menunjukkan rasa kasih sayang yang sepenuh hati.

6. Tidak memisahkan anak dari ibunya

Perlu diketahui bahwa ibu memiliki ikatan batin yang sangat kuat dengan anak. Karena lewat seorang ibu lah anak mendapatkan pendidikan pertamanya. Oleh karena itu, jangan pernah pisahkan anak dengan ibunya. Bahkan, ada sebuah hadits dari Abu Ayyub yang menyatakan bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

Barang siapa memisahkan antara seorang ibu dan anaknya, niscaya Allah akan memisahkan antara dia dan orang-orang yang dicintainya pada hari kiamat.

Baca juga: Popbela, Media Online yang Menyajikan Berita Seputar Wanita Indonesia Terlengkap

7. Selalu mendoakan anak

Bukan hanya anak saja yang diharuskan mendo’akan orang tuanya, namun orang tua juga harus senantiasa mendo’akan anak. Karena salah satu do’a yang makbul adalah do’a orang tua kepada anaknya. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus selalu mendo’akan yang terbaik bagi anak-anaknya.

Itulah 7 cara mendidik anak secara islami yang bisa kami bagikan kepada Anda. Bagaimana? Apakah sudah ada dari beberapa poin di atas yang telah Anda terapkan? Jika belum, mungkin Anda bisa mulai menerapkan cara-cara mendidik anak secara islami di atas agar sang buah hati tumbuh menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

Baca juga: Ini Dia Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Game Online

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *