Universitas Exeter Di Inggris Membuat Mahasiswanya Ketakutan Karena Gunakan Quotes Tokoh Nazi

Para mahasiswa Universitas Exeter Inggris dikejutkan oleh surel yang dikirimkan oleh pihak kampus. Sebenarnya itu merupakan surel biasa yang dikirimkan untuk menyemangati para mahasiswa dengan kata-kata motivasi. Tapi yang mengejutkan, kata motivasi yang ada di dalam surel tersebut ternyata diambil dari ucapan seorang Jendral Nazi asal Jerman yang terlibat dalam Perang Dunia 2. Kalimat motivasi yang digunakan dalam surel tersebut adalah “Janganlah Melewatkan Kesempatan yang Unik Hanya karena Mengurusi Hal-hal Sepele”.

Kutipan tersebut ternyata adalah milik Erwin Johannes Eugen Rommel, yang merupakan seorang marsekal lapangan dari tentara Jerman yang ikut bertugas dalam Perang Dunia ke dua. Rommel sendiri merupakan prajurit yang sangat tangguh dan disegani, hingga ia mendapat julukan sang Rubah Padang Pasir. Rommel lahir pada 15 November 1891 dan meninggal pada tanggal 14 Oktober 1944. Selama 52 tahun hidupnya, ia sering sekali meraih bintang jasa karena kehebatannya di medang perang. Bahkan ketika turun di Perang Dunia 1, Rommel memperoleh titel Pour de Merita.

Ketika Perang Dunia 2, Rommel menjadi pimpinan ke 7 divisi Panzer yang bertugas untuk membuka jalan invasi Jerman ke Perancis. Dalam perannya ini, Rommen menunjukkan kehebatannya hingga ia menjadi salah satu prajurit kepercayaan Adolf Hitler. Namun di tahun 1944, Rommel kemudian diketahui terlibat dalam pembunuhan rencana untuk menggulingkan Hitler. Ia pun tertangkap dan diberi pilihan untuk bunuh diri atau melarikan diri. Jika melarikan diri, tentu saja Rommel akan diburu hingga mati dan keluarganya pun akan mengalami hal yang sama. Namun jika memutuskan untuk bunuh diri, Hitler berjanji tidak akan mengganggu keluarga Rommel.

Rommel pun akhirnya memutuskan untuk bunuh diri demi melindungi keluarganya. Hitler sendiri menjaga agar berita mengenai bunuh dirinya Rommel tidak sampai tersebar ke publik karena Rommel dikenal sebagai pahlawan negara. Hitler tidak ingin ada berita pengkhianatan yang bocor ke publik dan menyebabkan kepanikan.

Nah, sepak terjang Rommel yang cukup kuat dalam membela Nazi inilah yang membuatnya jadi tokoh kiri dan hingga saat ini dianggap musuh. Maka dari itu, sebagian besar mahasiswa Yahudi yang menjadi mahasiswa di Universitas Exeter merasa takut dengan penggunaan kata motivasi dari sang jenderal tersebut di wilayah kampus. Bahkan tak sedikit dari mereka yang kemudian memutuskan untuk keluar dari kampus.

Usut punya usut, Universitas Exeter ternyata sama sekali tidak sengaja menampilkan quotes dari jenderal Nazi tersebut. Salah seorang staf yang bertugas menyebarkan surel motivasi disebutkan mencari quotes bagus dari sebuah situs bernama Quotefancy. Ia pun memakai quotes tersebut karena dirasa memiliki arti yang bagus, tanpa tahu siapa pencetusnya.

Universitas Exeter sendiri sudah mengkonfirmasi hal tersebut dan meminta maaf melalui juru bicara mereka “Sayangnya, staf tersebut tidak melihat siapa empunya kutipan sehingga insiden tersebut terjadi. Kami meminta maaf atas peristiwa tak mengenakkan yang terjadi, dan memastikan hal ini tidak terjadi kembali,” ucap sang jubir.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *