Seorang Pria di India Nyaris Tewas karena Dibelit Ular Saat Selfie

Pada tanggal 2 Mei 2018 kemarin, ada satu berita yang sontak menjadi viral khususnya di jejaring sosial Instagram dan YouTube. Berita tersebut adalah ada seorang pria bernama Prabhu Bhatara yang dimakan beruang liar ketika sedang mengabadikan potret diri sendiri atau selfie.

Insiden tersebut terjadi ketika Prabhu sedang dalam arah pulang setelah menghadiri acara pernikahan di suatu tempat. Dan dalam perjalanan pulang tersebut, dia melihat ada seekor beruang yang sedang terluka di Nabarangpur, Odisha, India.

Seketika itu juga, Prabhu menghentikan mobilnya dan berniat akan melakukan selfie di dekat beruang tersebut. Walaupun sempat temannya yang berada dalam satu mobil mencegah, namun Prabhu tetap nekat ingin melakukannya.

Ketika Prabhu berdiri di dekat binatang tersebut, tanpa disangka-sangka beruang itu langsung bereaksi dan menggigit, membanting dan menyeret pria malang itu. Walaupun sempat terlihat melakukan perlawanan, namun tenaga Prabhu kalah besar. Ditambah lagi dengan kondisi luka yang didapatkannya membuatnya banyak kehilangan darah dan menjadi lemas.

Tidak ada seorang pun yang dapat menolong Prabhu. Ketika ranger hutan bernama Dhanurjaya Mohapatra datang dan kemudian mengusir hewan tersebut, Prabhu telah tewas dengan banyak luka di sekujur tubuhnya.

Nampaknya tidak berkaca atau bahkan tidak mengetahui berita mengenai Prabhu tersebut, seorang penjaga hutan bernama Sanjay Dutta hampir saja tewas setelah ular piton dengan bobot 40 kilogram yang ditemukan di daerah Benggala Barat, India melilit batang lehernya pada tanggal 20 Juni 2018 kemarin.

Cerita bermula saat warga di daerah Desa Benggala tersebut menemukan ular piton besar sedang mencoba memangsa sekor kambing di wilayah mereka. Karena takut, warga kemudian menghubungi Sanjay yang berprofesi sebagai penjaga hutan.

Dikarenakan sudah sering berinteraksi dengan hewan, terutama ular, dengan sigap Sanjay langsung mengamankan serta mengangkat tubuh ular piton tersebut. Alih-alih langsung mengamankan dengan memasukkan ke dalam tempat yang semestinya, justru Sanjay terkesan ingin bersombong diri dengan melilitkan ular tersebut ke lehernya dan kemudian berfoto selfie.

Sayangnya, sang ular yang nampaknya ketakutan dan berupaya untuk melakukan perlawanan tersebut langsung membelit erat leher Sanjay. Dengan upaya keras dan juga dibantu warga sekitar untuk merenggangkan lilitan ular itu, akhirnya nyawa Sanjay dapat diselamatkan. Sanjay sendiri memang tidak mengalami cedera serius, namun wajahnya sempat memerah karena tidak dapat bernapas.

Karena ulahnya tersebut, Departemen Kehutanan Benggala Barat langsung memanggil Sanjay dan menginterogasinya. Pihak Departemen Kehutanan Benggala akan menjatuhkan sanksi tegas jika Sanjay memang dianggap teledor dalam bertugas. Namun dalam pembelaannya, Sanjay mengatakan bahwa dia memang melilitkan ular piton itu ke lehernya karena pada saat itu dirinya tidak membawa tas atau apapun yang dapat digunakan untuk mengamankan binatang melata tersebut.

Dengan 2 kejadian dalam jangka waktu yang dekat tersebut, maka semakin memperpanjang daftar insiden yang terjadi karena melakukan selfie di India. Menurut penelitian, dari bulan Maret 2014 sampai September 2016 lalu, ada 63 laporan kecelakaan berujung kematian di India yang mana disebabkan karena kecerobohan saat melakukan selfie di mana 5 laporan di antaranya adalah berkaitan dengan hewan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *