Saat Berlibur di Garut, Inilah 5 Jenis Makanan Yang Wajib Kamu Jadikan Oleh-oleh

Saat Berlibur di Garut, Inilah 5 Jenis Makanan Yang Wajib Kamu Jadikan Oleh-oleh – Jika mendengar nama Garut, pasti pikiran kita akan langsung tertuju pada Domba Garut. Ya, hal itu memang benar adanya, bahwa domba Garut memang sudah terkenal di seluruh Nusantara. Bahkan, kepopuleran domba Garut ini sudah tersohor ke berbagai negara lho.

Dengan demikian, maka tak heran jika domba Garut ini dijadikan sebagai ikon wisatanya Kota Garut. Selain domba, kota Garut juga terkenal dengan keindahan destinasi wisata alamnya. Begitu pun dengan wisata kulinernya, yang tidak kalah menariknya untuk kita bahas. Nah, berbicara soal wisata kuliner, berikut di bawah ini ada beberapa jenis makanan yang wajib kamu jadikan sebagai oleh-oleh jika sedang berkunjung ke Garut :

1. Jeruk Garut

Sesuai dengan namanya, jeruk yang satu ini asli dari Garut yang berbeda dengan jenis jeruk lainnya. Ciri khas dari jeruk Garut ini berupa warna hijau tua, serta tekstur dagingnya yang agak keras. Meski demikian, jeruk khas Garut ini memiliki rasa yang sangat manis lho.

2. Dodol Picnic

Makanan yang terbuat dari beras ketan ini menjadi salah satu makanan primadona, untuk dijadikan oleh-oleh bagi orang yang sedang berkunjung ke Garut.

3. Chocodot

Ini dia salah satu oleh-oleh khas Garut yang sedang populer di kalangan para wisatawan. Makanan yang satu ini merupakan inovasi dari dodol, yang dikombinasikan dengan coklat dengan berbagai macam varian rasa seperti durian, jeruk, dan sebagainya.

4. Burayot

Makanan ini juga terbuat dari beras ketan, yang memiliki tekstur lembut serta rasanya yang sangat manis. Burayot ini sangat cocok jika disantap dengan segelas teh tawar hangat.

5. Kerupuk Kulit

Kerupuk kulit atau yang orang Sunda bilang adalah dorokdok, juga bisa menjadi makanan yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi kalian yang sedang mengunjungi Garut. Makanan ini terbuat dari kulit sapi yang dikeringkan dengan cara dijemur, kemudian dipotong-potong kecil lalu digoreng. Seperti yang kita ketahui, bahwa kerupuk kulit ini memiliki rasa gurih serta teksturnya yang renyah.

Itulah beberapa jenis makanan tradisional khas Garut yang cocok sekali dijadikan untuk oleh-oleh, dan makanan tersebut bisa anda beli di toko-toko sentra oleh-oleh khas Garut yang tersebar di wilayah Garut seperti di Leles, Kadungora, Tarogong, Garut kota,dan tempat lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *