Kapan Kita Tidak Boleh Minum Kopi?

Kapan Kita Tidak Boleh Minum Kopi? – Kapan waktu paling tepat untuk ngopi? Semua waktu tentu saja bisa kita gunakan untuk minum kopi. Namun tidak semua kondisi tubuh bisa dipaksa untuk minum kopi. Karena memang kopi juga bisa berefek buruk ketika kondisi tubuh tidak memungkinkan untuk mengkonsumsinya.

Jika kamu ingin memiliki kualitas tidur yang baik, hindari minum kopi di malam hari saat menjelang waktu tidur. Jika kamu minum kopi di malam hari, kandungan kafein akan mengganggu jadwal tidur kamu. Sehingga kamu harus mengatur pola tidur kamu agar lebih mudah tidur.

Apa sajakah kondisi-kondisi tersebut sehingga kita aman untuk minum kopi dan tidak aman untuk minum kopi?

  • Minumlah Kopi Setelah Makan

Ini sangat penting karena di dalam perut ada asam lambung yang bisa meningkat kapan saja. Terutama ketika belum ada asupan makanan yang masuk ke dalam perut Anda. Boleh saja Anda minum kopi sebelum sarapan namun harus disertai dengan makanan-makanan ringan.

Seperti pisang goreng, bakwan, tempe goreng atau jajan-jajanan pasar yang mungkin bisa Anda nikmati di pagi hari. Di waktu seperti ini memang sangat cocok untuk menikmati pagi dengan kopi. Namun dengan catatan disertai dengan makanan ringan yang bisa meredam asam lambung sehingga menjadi netral.

  • Jangan Terlalu Banyak Minum Kopi

Kopi mengandung kafein dengan kadar yang bervariasi tergantung dari jenis bubuk kopi yang tersedia. Pada kandunga kafein yang tinggi tentunya Anda harus berhati-hati dalam menikmati kopi. Normalnya Anda bisa menikmati kopi dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore hari.

Lebih dari itu Anda harus berhati-hati karena detak jantung Anda bisa meningkat dan juga asam lambung Anda pun bisa semakin meningkat. Dengan kondisi seperti itu tentunya berakibat tidak baik untuk Anda. Anda bisa merasa mual-mual hingga muntah. Itu yang akan terjadi ketika Anda kebanyakan minum kopi.

  • Hindari Minum Kopi Bersama Dengan Minuman Bersoda

Perut seseorang mempunyai respon yang sangat cepat terhadap minuman yang hangat dan dingin. Jika dua kondisi tersebut masuk secara bergantian dalam waktu yang hampir bersamaan akan membuat perut Anda bereaksi. Suhu di dalam lambung yang cepat berubah karena ada makanan atau minuman yang masuk membuat lambung iritasi karena perbedaan suhu tersebut. Hal itu kemudian bisa membahayakan lambung Anda.

Belum lagi jika kafein dan soda menjadi satu bagian dalam waktu bersamaan. Dua jenis minuman ini akan bereaksi dan memperbesar reaksi asam lambung Anda. Jika asam lambung meningkat tentunya akan berdampak pada peruat Anda. Dan bisa jadi akan mengganggu sistem pencernaan Anda. Dengan demikian akan membuat perut Anda sakit dan mual.

Berbagai macam kondisi tersebut tentunya harus benar-benar Anda perhatikan dengan baik. Jika memang ingin menjadi seorang penikmat kopi sejati, tidak perlu untuk memaksakan diri minum kopi di segala kondisi. Karena memang kopi untuk dinikmati bukan sebuah gaya yang justru malah akan membuat tubuh Anda sakit dan bisa saja berakibat fatal karena ketidakmengertian Anda dengan kopi.

Semua hal tentang kopi sangatlah aman. Kecuali memang Anda memaksakan dengan ekstrim bagaimana minum kopi itu. Ingat kata pepatah bahwa apapun yang berlebihan tidak baik. Bahkan minum air putih yang berlebihan juga bisa berbahaya untuk tubuh Anda. Semua hal baik bisa menjadi buruk dari bagaimana cara menggunakannya. Begitu juga bisa jadi semua hal buruk bisa jadi baik karena juga bagaimana kita bisa menggunakannnya.

Oleh karena itulah kita bisa jadikan kopi sebagai budaya yang positif untuk menjadi sebuah momen bersama dengan teman-teman Anda. Dimana kita bisa saling berbagai segalanya sehingga menghasilkan sesuatu yang produktif.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *