Ini Dia 4 Dampak Buruk Dari Kurangnya Mengonsumsi Air Putih

Ini Dia 4 Dampak Buruk Dari Kurangnya Mengonsumsi Air Putih – Seperti yang kita ketahui, bahwa air putih merupakan salah satu jenis air yang paling menyehatkan di dunia. Dengan demikian, maka tak heran jika air putih ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Akan tetapi, masih saja ada sebagian dari masyarakat kita yang tidak terlalu suka mengonsumsi air putih. Namun tahukah kamu, ternyata jarang mengonsumsi air putih dapat mengganggu kesehatan tubuh kita lho! Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang dampak buruk dari kurangnya mengonsumsi air putih, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini:

1. Mengganggu Fungsi Otak

Dampak buruk yang pertama dari kurang mengonsumsi air putih, yakni dapat mengganggu fungsi otak. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, hal ini disebabkan karena tubuh yang kekurangan cairan, sehingga kamu akan sering mengalami lupa dan konsentrasi selalu hilang. Selain itu, kondisi ini juga disebabkan karena asupan oksigen yang mengalir ke otak sangatlah minim. Dengan kondisi tersebut, sel-sel di dalam otak pun akan mengkerut sehingga tidak berfungsi secara optimal.

2. Dapat Merusak Sistem Pencernaan

Kurangnya minum air putih dapat merusak sistem pencernaan. Dengan sistem pencernaan yang terganggu, maka hal itu dapat memicu masalah perut lainnya seperti mules, sembelit, hingga kembung. Bahkan yang lebih parahnya lagi, kurangnya minum air putih ini juga akan membuat lapisan dinding perut menjadi semakin menipis lho! Mengingat akan hal tersebut, maka tidak ada solusi lain lagi bagi kamu selain meminum air putih secara rutin, sebanyak 6 – 8 gelas per harinya.

3. Tekanan Darah Menjadi Tinggi

Dampak buruk berikutnya yang akan kamu rasakan jika kurang mengonsumsi air putih, yakni tekanan darah menjadi tinggi. Berdasarkan dari hasil penelitian, kurangnya minum air putih akan membuat pembuluh kapiler menjadi tertutup. Dengan kondisi tersebut, maka jantung akan dipaksa untuk bekerja lebih keras lagi dalam memompa darah, sehingga peredaran aliran darah menjadi terbatas.

4. Merusak Kesehatan Kulit

Munculnya dehidrasi dari kurangnya mengonsumsi air putih dapat merusak kesehatan kulit. Jika sudah demikian, maka kulitmu akan tampak terlihat kasar da kering. Bahkan, hal ini juga bisa memicu terjadinya penuaan dini.
Itulah 4 dampak buruk yang akan kamu rasakan dari kurangnya mengonsumsi air putih. Setelah melihat dampak buruknya yang sedemikian rupa, apakah kamu tidak berminat untuk menminum air putih secara rutin dan teratur?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *