Inilah Pembahasan Lengkap Terkait Kanker Serviks

Beritakitanih.com – Apa itu kanker serviks? Kanker serviks adalah keganasan paling umum ketiga pada wanita di seluruh dunia, dan itu tetap menjadi saah satupenyebab utama kematian terkait kanker bagi wanita di negara berkembang.

Definisi Kanker serviks adalah pertumbuhan sel-sel abnormal pada lapisan serviks.

Jenis kanker serviks

Ada dua jenis utama kanker serviks:

Squamous cell carcinoma (SCC)

jenis yang paling umum, dimulai pada sel skuamosa serviks. sekitar 7 dari 10 kasus kanker serviks merupakan kanker carcinoma (70%).

Adenokarsinoma

Kanker adenokarsinoma merupakan tipe kanker serviks yang kurang umum (sekitar 25% kasus), dimulai pada sel kelenjar serviks.

Adenokarsinoma lebih sulit didiagnosis karena terjadi lebih tinggi di serviks dan sel-sel kelenjar abnormal sehingga lebih sulit ditemukan.

Sejumlah kecil kanker serviks memiliki sel skuamosa dan sel kelenjar. Kanker ini dikenal sebagai karsinoma adenosquamous atau karsinoma campuran.

Jenis kanker lain yang lebih jarang yang dapat dimulai pada serviks termasuk karsinoma sel kecil dan sarkoma serviks.

Kanker serviks hampir selalu disebabkan oleh infeksi human papillomavirus (HPV). Baca terus artikel ini untuk mengetahu definisi, gejala, penyebab dan pengobatan dari kanker serviks.

Serviks adalah bagian dari sistem reproduksi wanita, yang juga termasuk saluran tuba, Rahim, ovarium, vagina dan vulva.

Serviks Juga disebut leher rahim, serviks menghubungkan uterus ke vagina. Leher rahim:

  • Menghasilkan kelembaban untuk melumasi vagina, yang membuat vagina tetap sehat
  • Terbuka untuk membiarkan darah menstruasi lewat dari rahim ke dalam vagina
  • Menghasilkan lendir yang membantu sperma melakukan perjalanan ke rahim dan saluran tuba untuk membuahi sel telur yang telah dilepaskan dari ovarium
  • Menahan bayi yang sedang berkembang di dalam rahim selama kehamilan dengan tetap tertutup, kemudian serviks melebar untuk membiarkan bayi dilahirkan melalui vagina.
  • Serviks memiliki permukaan luar yang terbuka ke dalam vagina (ectocervix) dan permukaan dalam yang melapisi saluran serviks (endoserviks). Dua permukaan ini ditutupi oleh dua jenis sel yaitu Sel skuamosa yang merupakan sel datar dan tipis yang menutupi permukaan luar serviks (ectocervix). Kanker sel skuamosa disebut karsinoma sel skuamosa. Dan yang satu lagi adalah Sel kelenjar yang merupakan sel berbentuk kolom yang menutupi permukaan bagian dalam serviks (saluran serviks atau endoserviks). Kanker sel-sel kelenjar disebut adenokarsinoma.
  • rea tempat sel skuamosa dan sel kelenjar bertemu dikenal sebagai zona transformasi. Di sinilah kebanyakan kanker serviks dimulai.

Baca juga: 7 Manfaat Bawang Putih yang Baik Untuk Kesehatanmu

Apa penyebab dari kanker serviks?

penyebab-kanker-serviks

Hampir semua kasus kanker serviks disebabkan oleh infeksi yang disebut human papillomavirus (HPV).
Infeksi HPV.

HPV adalah nama untuk sekelompok virus. Infeksi HPV Ini adalah infeksi umum yang mempengaruhi permukaan berbagai area tubuh, seperti serviks, vagina, dan kulit.

Ada lebih dari 100 jenis HPV, termasuk ada sekitar 40 jenis bahkan lebih dari jenis HPV yang dapat mempengaruhi alat kelamin.

Genital HPV biasanya menyebar melalui kulit selama kontak seksual. Sekitar empat dari lima orang akan terinfeksi setidaknya satu jenis HPV genital pada suatu waktu dalam hidup mereka. Beberapa jenis HPV lainnya menyebabkan kutil pada tangan dan juga kaki.

Sebagian besar orang tidak akan tahu mereka menderita HPV karena biasanya memang infeksi HPV ini tidak berbahaya dan tidak menimbulkan gejala.

Pada kebanyakan orang, virus dibersihkan dengan cepat oleh sistem kekebalan tubuh dan tidak diperlukan pengobatan yang khusus.

Pada beberapa wanita, infeksi tidak hilang dan mereka memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami perubahan serviks. Perubahan ini biasanya berkembang lambat selama bertahun-tahun.

Sekitar 15 jenis genital HPV menyebabkan kanker serviks. Tes skrining digunakan untuk mendeteksi sebagian besar jenis HPV atau perubahan sel prakanker yang disebabkan oleh virus. Ada juga vaksin yang melindungi orang dari beberapa jenis HPV.

Ada juga faktor risiko lain yang bisa menyebabkan terjadinya kanker serviks seperti perokok atau perokok pasiv, system imun yang lemah, penggunaan kontrasepsi oral jangka panjang (pil), paparan diethylstilbestrol (DES).

Gejala kanker serviks

Gejala-kanker-serviks

Perubahan awal pada sel serviks jarang menyebabkan gejala. Jika perubahan sel awal berkembang menjadi kanker serviks, tanda-tanda paling umum yaitu:

  • Perdarahan vagina antar periode
  • Perdarahan menstruasi yang lebih lama atau lebih berat dari biasanya
  • Rasa sakit saat berhubungan intim
  • Perdarahan setelah hubungan intim
  • Keputihan yang tidak biasa
  • Kerdarahan vagina setelah menopause

Meskipun jarang, kanker serviks stadium lanjut dapat menyebabkan gejala berikut:

  • Kelelahan yang berlebihan
  • Sakit kaki atau bengkak
  • Nyeri punggung bagian bawah

Gejala-gejala ini dapat disebabkan oleh kondisi lain tetapi jikakaian merasakan gejala tersebut dan khawatir atau gejalanya menetap, lebih baik kalian menghubungi dokter obgyn.

Pengobatan untuk kanker serviks

cara-mencegah-kanker-serviks

Staging

Jika kanker serviks terdeteksi, maka biasanya akan dilakukan staging dari stadium 0, yang berarti sel-sel abnormal hanya ditemukan di lapisan permukaan sel-sel yang melapisi serviks ke stadium IV, yang berarti kanker telah menyebar ke organ-organ terdekat seperti kandung kemih atau rektum. atau mungkin organ lain. Ini membantu dokter kalian merencanakan perawatan terbaik untuk kalian.

Jenis perawatan

  1. Pengobatan tergantung pada stadium penyakit. Untuk penyakit awal dan tidak besar (kurang dari 4cm), pengobatannya yang dilakukan biasanya adalah pembedahan, kadang-kadang dengan kemoradioterapi setelahnya.
  2. Jika tumornya kecil, biopsi kerucut sudah cukup dalam beberapa kasus histerektomi (operasi pengangkatan rahim) diperlukan.
  3. Untuk penyakit lanjut secara lokal, kombinasi radioterapi dan kemoterapi (cisplatin) digunakan.
  4. Untuk penyakit metastasis, pengobatannya adalah kemoterapi (platinum / fluorourasil) atau perawatan paliatif saja.
  5. Perawatan paliatif
    Dalam beberapa kasus kanker serviks, tim medis kalian mungkin berbicara kepada kalian tentang perawatan paliatif. Perawatan paliatif bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup kalian dengan mengurangi gejala kanker. Selain memperlambat penyebaran kanker serviks, pengobatan paliatif dapat menghilangkan rasa sakit dan membantu mengelola gejala lainnya. Perawatan mungkin termasuk kemoterapi, radioterapi atau terapi obat lain.
  6. Treatment team
    Tes awal akan diatur oleh dokter umum kalian yang juga akan menjadi bagian dari tim perawatan kalian secara keseluruhan. Tergantung pada perawatan kalian, tim perawatan kalian dapat terdiri dari sejumlah staf spesialis yang berbeda, seperti:
    – Seorang ginekolog
    – Ahli onkologi ginekologi
    – Seorang ahli onkologi radiasi
    – Ahli onkologi medis
    – Koordinator perawatan kanker
    – Ahli gizi
    – Profesional kesehatan lainnya, seperti psikolog dan fisioterapis.

Itulah beberapa hal yang perlu kalian ketahui mengenai kanker serviks, ada beberapa cara sederhana untuk menghindari kanker serviks.

Yaitu dengan cara menjaga kebersihan organ intim, hidup sehat yang dilengkapi dnegan makanan-makanan yang sehat, hindari faktor-faktor resiko yang sudah disebutkan di atas.

Baca juga: 5 Makanan yang Harus Dihindari Oleh Penderita Hipertensi

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *