10 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Beritakitanih.com – Jika anda mencoba menurunkan berat badan secara cepat, anda akan mudah terjebak dengan mode makanan atau ‘perbaikan cepat’ lainnya yang menjanjikan perut rata dalam beberapa hari.

Jangan khawatir tentang itu. Ada cara untuk menurunkan berat badan secara alami – dan menurunkan lemak perut – yang bisa dicoba dan dapat dipercaya.

Hal ini mungkin bukan penurunan berat badan yang mudah dan cepat seperti impian anda, tetapi ini sangat mungkin dilakukan.

Berikut cara menurunkan berat badan secara alami dengan cepat tentunya tergantung pada titik awal anda, tujuan akhir anda, dan gaya hidup anda.

1. Atur Asupan Kalori

Jawaban singkat untuk pertanyaan bagaimana menurunkan berat badan dengan cepat adalah untuk mencapai jumlah kalori yang konsisten. Artinya, membakar lebih banyak kalori daripada yang anda konsumsi.

Jika Anda makan 2.500 kalori sehari – jumlah harian yang disarankan untuk seorang pria. Meskipun tentu saja ini bisa sangat bervariasi tergantung pada tinggi badan, berat badan dan berat badan Anda – dan membakar 3.000, Anda mengalami defisit kalori.

Namun, jika Anda membakar 3.000 tetapi telah mengkonsumsi 3.500, Anda tidak kekurangan kalori. Meskipun Anda hampir pasti telah berolahraga banyak yang telah membakar energi sebanyak itu.

Yang perlu Anda lakukan adalah memastikan anda makan makanan yang tepat dan melakukan olahraga yang tepat. Sehingga anda cukup kenyang dan puas bahkan ketika mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang Anda bakar.

2. Kurangi Jumlah Kalori Lewat Diet

Seperti yang kita singgung di atas, perangkap umum yang dialami banyak orang ketika mencoba menurunkan berat badan adalah bahwa ketika mereka mulai berolahraga lebih banyak, mereka merasa seperti mereka perlu makan lebih banyak untuk menjaga tingkat energi mereka naik dan akibatnya gagal.

Sebagai gantinya, kami menyarankan anda untuk menyesuaikan pola makan agar mendapatkan hasil maksimal dari kalori anda. Semua makanan memiliki kepadatan energi yang berbeda.

Makanan seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian memiliki kepadatan energi yang rendah, yang berarti Anda akan lebih cepat kenyang saat memakannya daripada makanan dengan kepadatan energi tinggi

3. Jangan Mengurangi Asupan Makanan Pokok

Kita semua tahu bahwa beberapa makanan – dan beberapa kelompok makanan – lebih sehat daripada yang lain, dan bahwa kita membutuhkan setiap jenis makanan dalam makanan kita. Masalahnya adalah banyak dari kita yang tidak mendapatkan keseimbangan yang tepat.

Dibandingkan dengan karbohidrat kompleks seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran, yang memecah dan melepaskan energi secara perlahan, sehingga membuat anda kenyang dan berenergi, karbohidrat sederhana seperti gula dan makanan bertepung yang terurai menjadi gula – seperti pasta dan kentang – memberi Anda dorongan energi yang lebih pendek, lalu membuat Anda menginginkan lebih.

Kemungkinannya adalah bahwa karbohidrat yang lebih sederhana yang anda makan, semakin merusak keseimbangan defisit kalori Anda.

4. Coba Pengganti Makanan

Kadang-kadang itu adalah perjuangan nyata untuk mengurangi kalori yang anda ambil, atau bahkan hanya untuk melacaknya.

Jika Anda terus-menerus bepergian dan tidak punya waktu untuk menghitung kalori, atau Anda memiliki niat terbaik dan memasak segar dengan bahan-bahan yang tidak semuanya dilabeli dengan informasi gizi mereka, maka pelacakan kalori secara akurat dapat dilakukan. mimpi buruk.

5. Coba Puasa Berselang atau Intermiten

Beberapa orang berkembang dengan puasa intermiten, yang berarti secara signifikan mengurangi kalori – atau benar-benar puasa – untuk sebagian dari hari atau minggu, dan kemudian makan secara normal untuk sisanya.

Bentuk puasa intermiten yang paling populer adalah diet 5: 2, di mana anda makan secara normal selama lima hari seminggu tetapi kemudian makan tidak lebih dari 600 kalori dua hari seminggu.

Berat-badan

Baca juga: Inilah Pembahasan Lengkap Terkait Kanker Serviks

6. Makan Lebih Banyak Makanan Kaya Mineral

Kalium, magnesium, dan kalsium dapat membantu berperan sebagai penyeimbang natrium. Susu rendah lemak, ditambah kacang-kacangan, dan biji-bijian juga dapat membantu anda meningkatkan rasa kenyang.

Mereka juga telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan tambahan, seperti menurunkan tekanan darah, mengendalikan gula darah, dan mengurangi risiko penyakit kronis secara keseluruhan.

7. Mengurangi Kalori Lewat Olahraga

Sekarang kita sudah menangani diet dan nutrisi (kalori masuk), saatnya untuk melihat olahraga (kalori keluar). Sekalipun anda makan dengan sehat dan cukup aktif dalam kehidupan sehari-hari, rasanya tidak mungkin anda bisa menurunkan berat badan dengan cepat tanpa olahraga tambahan. Entah itu berlari, gym, crossfit, olahraga tim, bersepeda, atau aktivitas segudang lainnya.

Terlebih lagi, berolahraga akan membuat Anda terlihat dan merasa lebih baik dan dalam pandangan kami, setelah Anda mulai mencari dan merasa lebih baik, akan jauh lebih mudah untuk menemukan kekuatan keinginan yang dibutuhkan untuk memperbaiki diet Anda.

8. Latihan Cardio

Ada dua jenis latihan utama: latihan kardio dan latihan beban – atau latihan workout. Keduanya membakar kalori, bedanya adalah sementara cardio membakar banyak kalori langsung, latihan beban terus membakar kalori setelah latihan. Ini karena latihan beban membangun otot, dan otot membakar lebih dari lemak ketika anda melakukan tugas sehari-hari.

Singkatnya, semakin besar rasio otot: lemak anda, semakin banyak kalori yang Anda bakar bahkan ketika Anda berdiri diam. Latihan beban mungkin tampak menakutkan, tetapi anda tidak harus bergabung dengan gym dan langsung menghadap ke rak squat.

Ada begitu banyak latihan beban yang dapat Anda lakukan di rumah dengan peralatan sederhana dari kettlebell dumbbell, dan tali bola.

9. Minum Lebih Banyak Air

Minum lebih banyak air terutama sebelum makan dapat membantu kita merasa kenyang, sehingga membantu kita untuk berhenti makan lebih cepat dan mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang seharusnya kita miliki.

Terlebih lagi, hanya sedikit dari kita yang mempertimbangkan apa yang kita minum ketika kita menghitung jumlah kalori harian kita sehingga berpotensi ratusan kalori ekstra dapat menyelinap ke dalam tubuh kita.

10. Tidur Yang Cukup

Sebagian besar penelitian yang menunjukkan kurang dari jumlah yang diinginkan yaitu sekitar 7 jam tidur per malam, dapat memperlambat metabolisme anda.

Terlebih lagi ketika anda bangun lebih lama, anda secara alami lebih cenderung mengemil pada kudapan tengah malam. Jadi, jangan berhemat pada waktu tidur anda, dan anda akan diberikankelebihan ekstra dalam hal menurunkan berat badan.

Kini anda sudah mengetahui bahwa diet yang sempurna itu tidak ada, tetapi banyak dari kita masih tidak bisa menahan keinginan untuk menahan diri sendiri ketika kita makan terlalu banyak. Atau melenceng keluar dari diet ketat.

Masalahnya, ini hanya membuat lebih sulit, stres, dan benar-benar mustahil untuk menurunkan berat badan. Jadi, alih-alih memukuli diri sendiri karena makan makanan yang menurut anda tidak seharusnya, biarkan saja.

Dengan seperti itu cara menurunkan berat badan secara alami pun akan berlanjut dan tentunya tidak menyiksa diri.

Baca juga: 6 Makanan Khas Jogja Yang Enak dan Lezat

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *