5 Cara Mengolah Tidur Secara Sehat

  • Pastikan perangkat tidurnya memadai

perangkat-tidur

Tidak hanya atmosfer kamar istirahat saja yang butuh diperhatikan, namun pun kualitas dan kebersihan kasur serta perangkat tidur lainnya layaknya sprei, selimut, bantal, guling, dan sebagainya. Hal ini memprovokasi kualitas tidur sampai-sampai tidur yang Anda kerjakan baik guna kesehatan.

Memperhatikan posisi tidur pun penting sebelum kita mulai memejamkan mata, pilihlah posisi yang sehat.

  • Kurangi alkohol, rokok, dan makanan berat ketika malam

kurangi-alkohol

Konsumsi alkohol dan kafein layaknya kopi, teh, soft drink, coklat dapat mengganggu jam tidur. Begitu pun dengan makanan berat atau pedas yang membuat perut tidak nyaman menjelang tidur. Sedapat mungkin, hindari mengkonsumsi makanan berat 2-3 jam sebelum jam tidur.

Kalau lapar, Anda dapat makan cemilan sejam sebelum tidur layaknya cracker dan keju. Cemilan malam yang ideal seringkali adalah kombinasi dari karbohidrat dan kalsium atau protein yang berisi asam amino triptopan. Studi mengindikasikan bahwa kedua kombinasi tersebut dapat mendongkrak kadar serotonin sehingga menolong pikiran lebih rileks.

Selain barisan makanan di atas, Anda pun usahakan meminimalisir rokok. Para berpengalaman dari John Hopkins University School of Medicine mendapati mereka yang tidak menghisap rokok mempunyai kualitas istirahat 4 kali lebih baik dibanding semua perokok. Di samping efek nikotin yang menciptakan seseorang tetap terjaga, asap rokok pun dapat merangsang asma atau gangguan pernafasan sehingga menciptakan konsumennya sulit tidur.

  • Jangan bergolak saja di ranjang

Beranjak-dari-tempat-tidur

Jika kita tidak kunjung terlelap walau sudah naik ranjang 15 menit lalu, maka bangunlah dan lakukan kegiatan santai sampai mengantuk.

  • Keluarkan hewan peliharaan dari dalam kamar

Keluarkan-hewan-peliharaan

Studi yang diselenggarakan Dr. John Shepard dari Mayo Clinic melibatkan 53% partisipan yang istirahat dengan hewan peliharaannya, dan mereka merasakan gangguan tidur setiap malamnya. Hal serupa berlaku untuk lebih dari 80% orang tua yang istirahat sekamar dengan anak mereka.

Karena masing-masing orang berhak guna mendapatkan tidur yang cukup, maka masukkan fauna kesayangan dalam kandangnya, dan antar anak-anak istirahat ke kamar mereka masing-masing.

  • Tinjau obat-obatan yang dikonsumsi

Obat-obatan

Kalau kita sedang sakit atau menjalani perawatan tertentu, tinjau ulang obat-obatan yang dikonsumsi. Beberapa obat untuk tekanan darah tinggi atau depresi ternyata dapat mengakibatkan insomnia. Insomnia pasti akan menciptakan tidur kita tidak baik guna kesehatan.

Jika sekian banyak  cara istirahat yang baik guna kesehatan di atas telah diterapkan, tetapi Anda masih merasakan insomnia, maka tidak boleh segan guna berkonsultasi dengan dokter.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *