Resep Masakan Ayam Bakar Bumbu Rujak Sederhana,Wajib Coba

beritakitanih.com – Ayam adalah salah satu bahan makanan yang sering digunakan sebagai bahan utama masakan di Indonesia. Mulai dari ayam goreng, soto ayam hingga sate ayam semuanya menggunakan bahan utama ayam. Ada beberapa jenis ayam yang biasanya digunakan sebagai bahan utama, seperti ayam kampung atau ayam broiler.  Salah satu masakan dari bahan ayam yang bisa Anda pilih adalah ayam bakar bumbu rujak. Karena namanya yang panjang, banyak orang yang mengira bahwa cukup sulit untuk bisa membuat masakan ini. Padahal, resep memasak ayam bakar bumbu rujak sangatlah sederhana. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Untuk itu, inilah resep memasaknya. 

Ada beberapa bahan yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu, yakni:

  • 1 ekor ayam utuh, dipotong menjadi 10 bagian 
  • 1 jeruk nipis, gunakan airnya saja. Anda bisa memerasnya terlebih dahulu agar lebih mudah dalam menggunakannya. 
  • Sedikit minyak goreng untuk menumis 
  • 5 lembar daun jeruk 
  • 5 buah kemiri 
  • 14 sampai 15 bawang merah 
  • 7 butir bawang putih 
  • Cabe keriting merah sesuai selera, Anda bisa menambahkannya sekitar 15 sampai 20 biji 
  • 3 cabe merah 
  • ½ liter atau 500 ml santan 
  • 1 sendok teh ketumbar 
  • 2 cm kunyit yang sudah dibakar 
  • 2 sdm gula merah yang sudah diserut 
  • Gula dan garam secukupnya 
  • 1 sendok teh kaldu jamur 

Baca Juga : COBA KREASI RESEP RAWON YANG BEDA DARI BIASANYA

Langkah pembuatan:

  1. Cuci ayam dengan bersih. Anda bisa memotongnya terlebih dahulu bila belum dipotong. Bila sudah dicuci dan dipotong, Anda bisa menusuk-nusuk bagian ayam tersebut menggunakan garpu. Setelah itu, kucuri daging ayam menggunakan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama 20 menit. 
  2. Langkah selanjutnya adalah memanaskan minyak. Tunggu sampai minyak setengah panas, masukkan bumbu-bumbu halus sampai tercium bau wangi. Setelah wangi, masukkan serai dan daun-daunan lainnya agar aroma harum semakin terasa. Aduk sampai rata 
  3. Jika sudah, masukkan santan, ayam, garam, gula, kaldu jamur dan gula merah secara bergantian. Aduk secara menyeluruh. Perlu diperhatikan untuk tidak terus mengaduk masakan karena bisa membuat santan menjadi pecah. Aduklah sesekali bila dibutuhkan saja. 
  4. Masak sampai bumbu menjadi lebih sedikit dan ayam menjadi matang. Diamkan sampai dingin, atau marinasi ayam tersebut selama satu malam. 
  5. Ayam yang sudah didiamkan sebelumnya akan dibakar menggunakan bumbu rujak. Oleskan bumbu rujak ke semua bagian ayam sampai merata. 
  6. Siapkan alat untuk membakar ayam dan bakar sampai bagian depan maupun belakang menjadi kecoklatan. 
  7. Jika sudah matang, sajikan selagi hangat. Anda bisa menambahkan nasi atau sambal sesuai dengan selera. 

Itu dia cara memasak ayam bumbu rujak langkah demi langkah. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Ketika memasak dan memilih bahan, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Yang pertama, pilihlah ayam yang lebih muda. Ayam yang masih muda memiliki daging yang lebih empuk dan enak sehingga mudah untuk dimasak. 

Yang kedua, rebus ayam terlebih dahulu. Ayam yang sudah direbus memiliki tekstur lebih lembut dibandingkan sebelumnya. Anda juga bisa menyimpannya di dalam kulkas bila ingin menjadikannya stok dalam beberapa hari. Tetapi pastikan bahwa Anda sudah mengeluarkannya terlebih dahulu ketika akan dimasak. Ayam yang dibiarkan terlalu lama di dalam kulkas biasanya memiliki tekstur yang tidak tegas. Apalagi bila Anda membelinya di supermarket, biasanya ayam yang dijual disana perlu segera digunakan agar hasil masakannya lebih maksimal. 

Baca Juga : RESEP MEMASAK DUMPLING UDANG SEDERHANA,DIJAMIN ENAK.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *