6 Makanan Khas Jogja Yang Enak dan Lezat

Beritakitanih.com – Yogyakarta yang memiliki julukan Kota Pendidikan ini merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang sangat terkenal dengan keindahan wisata alamnya.

Karena memang banyak tempat-tempat wisata alam yang bisa anda temukan disana. Sehingga tidak heran kalau banyak para wisatawan yang berkunjung ke Jogja, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Selain berekreasi, anda juga bisa menikmati berbagai makanan khas Jogja yang enak dan lezat. Berikut ini 6 makanan khas Yogyakarta yang enak dan lezat:

1. Peyek Tumpuk

Peyek-Tumpuk

Makanan khas Yogyakarta yang patut anda coba adalah Peyek Tumpuk. Makanan ini disebut Peyek Tumpuk karena bentuknya berbeda pada umumnya yang pipih.

Sedangkan peyek yang satu ini berbentuk tidak beraturan hampir bulat sehingga kacang tanah menjadi bertumpuk-tumpuk. Hal inilah yang menjadikan nama makanan ini dengan sebutan Peyek Tumpuk.

2. Gudeg Jogja

Gudeg

Salah satu makanan khas Jogja yang paling populer adalah gudeg. Dimana, gudeg ini terdiri 3 jenis varian, yakni Gudeg Basah, Gudeg Manggar, dan Gudeg Kering.

Bagi anda yang ingin membawa gudeg ini sebagai oleh-oleh buat orang-orang di rumah, anda bisa membeli Gudeg Kering.

Karena Gudeg Kering ini lebih awet dan tahan lama dibandingkan jenis gudeg yang lainnya. Untuk mendapatkan gudeg ini di Jogja anda tidak usah bingung dalam mencarinya, karena banyak penjual gudeg di setiap jalan di Jogja.

3. Mie Des

Mie-des

Mie Des ini bisa dibilang merupakan masih saudara dekatnya dari Mie Pentil. Dimama, nama Mie Des ini merupakan kependekan dari kata bakmi pedes, yang merupakan makanan khas masyarakat Pundong yang terbuat dari bahan bahan pati ketela.

Mie Des ini memiliki rasa yang lebih kenyal, ukurannya lebih besar serta bentuknya juga berbeda, karena mie ini dibuat dengan cara diiris, bukan digiling seperti bakmi pada umumnya.

Baca juga: Inilah Pembahasan Lengkap Terkait Kanker Serviks

4. Kue Adrem

Kue-adrem

Makanan khas Yogyakarta selanjutnya adalah Kue Adrem. Makanan yang unik berasal dari Kecamatan Sanden, Bantul.

Kue Adrem ini terbuat dari bahan tepung beras dan gula jawa merah yang digoreng. Kue ini memiliki citarasa cukup manis dan sedikit gurih dan saat digigit akan terasa legit di mulut.

Bukan hanya itu, kue ini juga memiliki bentuk yang unik sehingga sering disebut kue Tholpit. Makanan ini akan lebih nikmat jika disantap sambil ditemani oleh segelas minuman teh panas maupun kopi agak pahit.

5. Sate Klatak

sate-klatak

Jika anda sedang berada di Jejeran, Plered, Yogyakarta, makanan yang satu ini wajib untuk anda coba.

Sate Klatak ini merupakan potongan daging kambing muda yang sudah dibumbui garam, lalu dibakar di atas arang, dan yang uniknya alat tusuk yang digunakan adalah jeruji sepeda dan disajikan bersama kuah gulai.

Nama Klatak sendiri berasal dari bunyi “Klatak Klatak” saat daging menyentuh arang.

6. Tengkleng Gajah Jogja

Tengkleng-Gajah

Tengkleng Gajah Jogja ini adalah berupa olahan kambing dalam porsi jumbo”gajah” alias potongan tulangnya berukuran besar.

Lalu tengkleng ini dicampur dengan berbagai bumbu dan rempah sehingga menciptakan citarasa yang khas. Tengkleng sendiri merupakan masakan sejenis sup kas Solo yang berbahan dasar jeroan dan tulang kambing.

Makanan ini mirip gulai, hanya saja citarasanya berbeda dengan kuah yang lebih encer. Tengkleng Gajah Jogja ini disajikan dalam kondisi panas, dengan daging yang masih menempel di tulang.

Aroma serta tampilannya sangat menggoda dan rasanya juga sangat nikmat dan lezat.

Masih banyak lagi makanan-makanan khas Yogyakarta lainnya yang tidak kalah enak dan lezatnya.

Baca juga: Ini Dia 10 Hotel Murah di Semarang Yang Paling Recommended

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *