7 Makanan Khas Garut untuk Menjadi Oleh-oleh

Beritakitanih.com – Garut adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat. Jika dalam waktu dekat ini kamu akan berkunjung ke Garut, maka kemungkinannya nanti akan membeli dodol untuk dijadikan oleh oleh.

Padahal selain dodol, masih ada banyak makanan khas Garut lainnya yang bisa dijadikan buah tangan.
Berikut dibawah ini 7 makanan khas untuk buah tangan dari Garut diantaranya yaitu:

1. Chocodot

Chocodot

Makanan khas ini hasil inovasi dari dodol coklat yang diciptakan oleh Kiki Gumelar secara tidak sengaja. Saat itu tanpa sengaja pemuda asal Garut tersebut menjatuhkan dodol kedalam adonan cokelat dan setelah dicicipi ternyata rasanya itu enak lezat.

Yang membuat Chocodot ini unik adalah pemberian nama pada varian produk yang dimilikinya seperti “Cokelat Cegah Alay”, “Cokelat Kepo Care”, “Cokelat Obat Stress”, “Cokelat Kece Badai”, “Cokelat Gawat Darurat”, dan masih banyak nama lainnya.

2. Keripik Moring Khas Garut

Keripik-Moring-Khas-Garut

Keripik moring itu apa ya? Moring adalah singkatan dari cimol kering. Cimol sendiri adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung kanji.

Lalu cimol ini dijadikan keripik yang lebih tahan lama dan bisa disantap kapan saja. Keripik moring ini bentuknya seperti cangkang kerang dan teksturnya tipis dan renyah.

Keripik moring hadir dalam beberapa macam rasa seperti rasa keju, pedas, BBQ, dan yang lainnya.

3. Burayot

Burayot

Makanan ringan burayot ini terbuat dari bahan utama beras merah, kacang merah, dan gula aren. Biasanya burayot ini bentukny bulat pipih, dan biasanya disajikan saat lebaran.

4. Baso Aci

makanan-khas-garut-baso-aci

Saat mendengar nama makanan khas ini pastinya kamu langsung berpikir jika makanan ini adalah sejenis bakso. Padahal sebenarnya makanan ini lebih mirip dengan cimol yang terbuat dari tepung tapioka.

Dinamai baso aci ini kemungkinannya karena makanan tersebut disajikan di mangkuk seperti bakso pada umumnya.

Penyajian baso aci ini biasanya bersama dengan tahu, ceker ayam, dan kacang pilus. Karena makanan khas dari Garut ini disajikan dalam keadaan panas sehingga sangat cocok disantap di musim hujan seperti sekarang ini.

Baca juga: 6 Makanan Khas Jogja Yang Enak dan Lezat

5. Dorokdok

Dorokdok-Dan-Kerupuk-Kulit

Dorokdok adalah makanan khas dari Garut berupa kerupuk kulit. Lalu kenapa diberinama dorokdok? Karena saat makanan tersebut digigit oleh gigi akan menimbulkan suara dorok dok dorok dok.

Bahan utama dari pembuatan dorokdok ini sama saja dengan kerupuk kulit pada umumnya yaitu kulit sapi.

6. Opak Bungbulang

Opak

Opak adalah makanan khas ringan berupa keripik yang terbuat dari bahan utama beras ketan, gula, garam, dan kelapa tua.

Pada umumnya, Opak bentuknya bulat, dan diberinama opak Bungbulang karena berkaitan dengan sebuah daerah yang bernama Bungbulang tempat pembuatan makanan khas tersebut di Kabupaten Garut.

7. Soto Garut

soto-ayam-garut

Seperti yang telah diketahui jika soto memang menjadi makanan khas di beberapa daerah di Indonesia. Begitu juga dengan kabupaten Garut yang memiliki soto khasnya sendiri.

Jika kamu salah seorang yang suka makanan soto, bisa mencicipinya saat berkunjung ke Kabupaten Garut. Salah satu warung soto yang terkenal di Garut adalah Soto Ahri yang berada di Jalan Raya Cimanuk Nomor 271, Paminggir, Kabupaten Garut.

Selain itu masih ada makanan khas lainnya dari Garut yang cocok dijadikan sebagai oleh oleh seperti jeruk Garut, emplod atau endog lewo, ladu, angleng, nasi liwet instan, dan rengginang.

Baca juga: 6 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *