6 Makanan Khas Sunda Asli Yang Enak dan Lezat.

beritakitanih.com – Seperti yang diketahui bersama bahwa Indonesia dihuni oleh berbagasi suku, salah satunya adalah Suku Sunda. Suku yang mayoritas mendiami Jawa Barat ini dikenal memiliki budayanya yang cukup kental dan unik. Selain itu, Suku Sunda juga terkenal dengan berbagai makanan khas nya yang enak dan lezat. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini membahas tentang beberapa makanan khas Sunda asli yang enak dan lezat sebagai berikut :

1. Surabi

Makanan khas Sunda asli yang pertama adalah Surabi. Makanan tradisional khas Sunda yang sangat populer di kota Bandung ini semacam kue pancake yang bahan dasar pembuatannya menggunakan beras dan santan. Awalnya, Surabi ini hanya disajikan dengan tambahan irisan kelapa saja dan oncom, namun kini sudah banyak yang membuat Surabi versi modern dengan topping coklat, vanila, keju, dan lain sebagainya. Cara pembuatannya juga berbeda, kalau awalnya dibuat dengan cetakan adonan yang terbuat dari tanah liat lalu dibakar di atas bara api menggunakan kayu bakar, sedangkan kini Surabi dibuat dengan menggunakan cetakan khusus dan dibakar menggunakan kompor. 

2. Tahu Sumedang

Makanan khas Sunda asli selanjutnya adalah Tahu Sumedang. Berbeda dengan tahu goreng pada umumnya, Tahu Sumedang ini memiliki tekstir yang khas. Saat dimakan, kulit Tahu Sumedang ini sangat renyah dan kering yang bercampur dengan tekstur yang sangat lembut di bagian dalamnya. 

Agar lebih nikmat, sebaiknya anda mengonsumsi Tahu Sumedang ini dalam keadaan masih hangat. Selain itu, anda juga bisa tambahkan saus atau cabai sebagai pelengkap. Selain bisa langsung dimakan, Tahu Sumedang ini bisa anda nikmati bersama nasi atau lontong.

3. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot merupakan salah satu makanan Sunda asli yang sangat populer dan disukai banyak orang. Makanan yang berasal dari Cirebon ini biasanya dimakan dengan kuah pedas.

Berbeda dengan tekstur Tahu Sumedang yang isinya penih, namun Tahu Gejrot ini memiliki isi yang agak kosong. Hal ini bertujuan supaya kuah dan bumbu-bumbu cair lainnya bisa meresap ke dalam tahu lebih cepat. Makanan ini sangat cocok bagi anda para pecinta kuliner dengan rasa yang pedas.

Baca Juga : COBA KREASI RESEP RAWON YANG BEDA DARI BIASANYA

4. Combro

Makanan khas Sunda asli lainnya yang patut anda coba adalah Combro. Combro ini merupakan singkatan dari kata bahasa Sunda yakni‘oncom di jero’ , yang artinya oncom di dalam. Makanan tradisional Sunda ini terbuat dari bahan dasar singkong. Sesuai dengan namanya, Combro ini terbuat dari serpihan singkong yang diparut dengan sambal oncom di dalamnya. 

Combro ini dibuat dengan bawang putih dan bawang merah, dan tambahan cabe rawit dan cabe merah. Perpaduan bahan serta bumbu tersebut akan menghasilkan Combro dengan rasa pedas dan manis. 

5. Bapatong

Bapatong merupakan kepanjangan dari ‘bakso ketupat gentong’. Makanan tradisional khas Sunda ini mengandung bakso, potongan ketupat berbentuk dadu yang dilengkapi dengan iga sapi.

Jika bakso biasa menggunakan kuah bening, namun Bapatong ini menggunakan kuah kaldu sapi dengan tambahan mie kering dan pangsit. Rasanya yang enak dan gurih dijamin akan membuat anda ketagihan. 

6. Cungkring

Makanan khas Sunda lainnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah Cungkring. Makanan tradisional dari Bogor ini sangat cocok untuk dijadikan sarapan pagi anda. Cungkring ini merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar kaki sapi yang diolah secara khusus, dengan dibagi menjadi empat bagian, dari kikil, kulit, dampal dan urat, lalu diberi kuah bumbu sate. Dari perpaduan tersebut sehingga terciptalah makanan yang sangat enak dan lezat.

Begitulah deretan makanan khas sunda asli yang wajib anda coba ketika berwisata di tanah sunda, karena cita rasa yang unik dan lezat mampu membuat senang orang yang menyicipinya.

Baca Juga : 6 Makanan Tradisional Khas Sunda Yang Populer

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *