Ini Dia Jenis Bisnis Sampingan Di Rumah yang Menjanjikan

beritakitanih.com – Tak sedikit dari para karyawan kantoran yang tidak menyadari, bahwa mereka memiliki waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan positif. Ya, salah satunya adalah dengan menjalankan bisnis sampingan dari rumah. Pasalnya, banyak para pengusaha sukses yang awalnya justru sekedar iseng-iseng membuka bisnis sampingan kecil-kecilan dari rumah lho.  

Nah, berbicara soal bisnis sampingan, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar jenis-jenis bisnis sampingan dari rumah yang menjanjikan. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini. 

1. Bisnis Dropship

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, tak sedikit dari masyarakat kita yang menekuni bisnis dropship. Lantas, apa yang dimaksud dengan bisnis dropship? Bisnis dropship ini merupakan jenis bisnis berbasis online, dimana si penjual tidak merlu memiliki stok barang. Dalam hal ini, kamu hanya bertugas sebagai perantara saja atau istilah kasarnya seperti “calo”. 

Pada intinya, kamu harus menjual atau mempromosikan produk di media sosial, blog pribadi, forum, maupun di situs onlineshop. Ketika ada konsumen yang berminat pada produkmu, kamu hanya tinggal memberi informasi pada si supplier untuk mengirim produknya ke konsumen. Setelah itu, proses selanjutnya akan ditangani oleh pihak supplier.

Sedangkan kamu akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual supplier dan harga beli konsumen. Sebagai contohnya kamu menjual sepatu seharga Rp 200 ribu, namun harga sepatu dari suppliernya dipatok Rp 150 ribuan. Itu artinya, kamu akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 50 ribu per sepatu. Bayangkan saja jika dalam sehari kamu bisa menjual sebanyak 5 sepatu, tentunya kamu akan mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp 250 ribu. Bagaimana, tertarik untuk menekuni bisnis yang satu ini. 

2. Bisnis Reseller

Selain bisnis dropship, menjadi seorang reseller juga merupakan salah satu bisnis sampingan yang paling banyak digandrungi oleh para millennial lho. Disamping tidak membutuhkan modal yang besar, keuntungan yang didapatkannya pun sangat menggiurkan. Terdapat dua jenis bisnis reseller yang tersedia, yakni reseller online dan reseller offline. Jika kamu memang suka berkomunikasi dan memiliki jaringan yang luas, maka bisnis reseller ini merupakan pilihan yang paling tepat sebagai bisnis sampingan. Untuk usaha reseller yang kamu jalani ini lancar, sebaiknya kamu mencari supplier yang sudah terpercaya. Selain itu, kamu juga bisa mencari produk-produk yang ada di situs-situs online shop ternama. 

3. Menjadi Makelar Properti Tanpa Modal

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa property adalah salah satu bisnis yang selalu mengalami pertumbuhan pada setiap tahunnya. Ya, hal tersebut dikarenakan jumlah penduduk yang semakin meningkat tajam. Tak hanya itu,  proerti juga menjadi salah satu bidang investasi yang paling menjanjikan serta memiliki nilai jual yang selalu naik pada setiap tahunnya. Menariknya lagi, kamu bisa menekenui bisnis sampingan tersebut tanpa modal sepeser pun lho. Namun dengan catatan, kamu harus memiliki keahlian berkomunikasi dan memiliki jaringan yang luas. Lantas, bagaimana caranya? 

Untuk langkah pertama, coba perhatikan apakah di daerah sekitarmu sedang ada pembangunan rumah. Setelah itu, kenali pemilik developernya lalu tawarkan kerja sama agar kamu bisa menjadi makelar property. Selain dengan cara tersebut, kamu juga bisa mencoba cara lainnya melalui iklan media cetak maupun media elektronik. Cobalah kamu perhatikan setiap iklan property di wilayahmu, lalu hubungi setiap developer yang ada di dalam iklan tersebut. 

4.  Membuka Jasa Laundry Kiloan

Membuka jasa laundry kiloan juga tidak bisa dianggap remeh, karena sudah terbukti dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah yang cukup menjanjikan. Bahkan, cara pengerjaannya pun sangat mudah dan simple. Bagi kamu yang tinggal di kawasan dekat kos-kosan, komplek karyawan, dan pusat keramaian kota, maka hal tersebut menjadi salah satu keuntungan dalam membuka jasa laundry kiloan. Menurut informasi yang di dapat, modal awal untuk membuka jasa landry kiloan ini diperkirakan mencapai Rp 7 jutaan. Ya, jumlah modal tersebut pun sudah termasuk dengan gaji karyawan. 

5. Pertamini

Pada umumnya, para pelaku usaha pertamini ini sering kita jumpai di daerah-daerah pinggiran kota alias pedesaan yang memang jauh dari lokasi SPBU. Dalam hal ini, kamu juga harus memanfaatkan daerah-daerah kabupaten untuk memulai usaha pertamini. Adapun mengenai rincian modal untuk memulai usaha pertamini sebagai berikut:

  • Harga 1 unit mesin pertamini berkisar antara Rp 5 jutaan

  • Biaya modal 100 liter bensin jika harga per liternya Rp 7.500, maka modal yang dibutuhkan sebesar Rp 750 ribu

  • Alat keselamatan seperti portable pemadam kebakaran sekitar Rp 150 ribu

  • Biaya tambahan lainnya sekitar Rp 1,5 juta

  • Modal keseluruhan yang harus ada sebesar Rp 7.460.000 

6. Membuka Peternakan Ayam Kampung Dengan 3 Metode

Menurut kabar yang beredar, kebutuhan akan permintaan ayam kampung dipasaran pada saat ini terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pasalnya, hal tersebut dikarenakan kurangnya budidaya ayam kampung. Sebelum memulai bisnis sampingan ini, kamu harus melakukan riset pasar dengan cara mencari agen yang bersedia menampung hasil peternakan. Adapun mengenai 3 metode yang harus dilakukan seperti dibawah ini:

– Metode Umbaran

Untuk masyarakat di pedesaan, metode umbaran ini merupakan cara yang paling populer lho. Mengapa bisa demikian? Soalnya, motede tersebut bisa dilakukan tanpa modal yang besar. Mengenai system kerjanya, metode umbaran ini akan membiarkan si ayamnya mencari makanan sendiri. Dengan begitu, kamu hanya tinggal menyediakan tempat sebagai kandang ayamnya. 

– Metode Semi Intensif

Metode yang kedua ini bisa kamu terapkan, jika kamu memiliki halaman atau pekarangan yang cukup luas. Dengan kata lain, kamu hanya perlu membuat kandang di sekeliling pekarangan saja. Dengan metode semi intensif, tentu saja kamu akan lebih mudah lagi dalam mengontrol peternakan ayam kampungnya. 

– Metode Intensif

Metode yang terakhir ini memang memerlukan modal yang cukup besar, mulai dari kebutuhan pembuatan kandang serta pakan ayamnya. Metode intensif mengharuskan kamu membut kandang ayam yang lebih modern. Meski memiliki risiko yang besar, namun metode itensif ini juga memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh kedua metode diatas tadi. 

7. Jasa Pengisian Pulsa, Token Listrik, Game, Tiket Pesawat, dan Lain Sebagainya

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa pulsa sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat di era digital seperti sekarang ini. Dengan demikian, maka tak heran juga jika bisnis pula menjadi salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Selain berjualan pulsa, kamu pun bisa menjadi agen pengisian voucher untuk berbagai jenis produk seperti token listrik, game, tiket pesawat, tiket kereta api, dan lain sebagainya. 

Nah, itulah beberapa jenis bisnis sampingan paling menjanjikan yang bisa kamu kerjakan dari rumah. 

Baca juga: Pekerjaan dengan Gaji Terbanyak yang Populer di Tahun 2020

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *